ASus Blog

Catatan saya, artikel, tips dan trik komputer

Mengenal Jaringan Komputer

Setelah lulus kuliah pada akhir Oktober 2009 saya ingin sekali terus berbagi ilmu melalui blog ini, Teknik Informatika adalah jurusan yang dulu saya ambil, dan dalam jurusan ini saya dituntut untuk bisa pemrograman dan jaringan, entah kenapa saya lebih menyukai jaringan komputer dibandingkan dengan pemrograman (mungkin karena saya tidak ahli pemrograman..hehe).

Dan sampai saat inipun saya masih belajar dan belajar, berikut ini adalah tulisan saya tentang pengenalan jaringan komputer, semoga bermanfaat.

Jaringan komputer adalah sekumpulan hardware komputer dan peralatan komputer (PC, Printer, LAN card, dan peralatan lainnya) dimana masing-masing saling berhubungan satu sama lain sehingga masing-masing peralatan tersebut saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Atau kita persingkat Jaringan komputer adalah kumpulan peripheral komputer yang saling berhubungan dan berkomunikasi satu dengan yang lain.

Dengan ini jelas beberapa komputer bisa saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sehingga memungkinkan pembagian sumber daya (Resource Sharing) antara masing-masing komputer.

Manfaat jaringan komputer antara lain yaitu:

- Sharing data antara beberapa komputer
- Pertukaran data antara beberapa komputer dapat dilakukan secara cepat
- Mudah dalam membackup data apabila salah satu komputer terjadi kerusakan
- Pemakaian hardware komputer secara bersama-sama (Printer)
- Memudahkan dalam mengelola dan mengamankan data-data penting.
- Akses internet secara bersama-sama apabila salah satu komputer terhubung dengan internet

Dalam jaringan komputer untuk dapat melakukan komunikasi tersebut diperlukan adanya protocol. Protokol tersebut digunakan untuk mengatur bagaimana dan cara komputer dapat melakukan komunikasi (mengirim data, bertukar informasi, dll).

Protokol jaringan

Secara umum protokol difungsikan untuk menghubungkan sisi pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar komunikasi dapat berjalan dengan baik dan benar. Untuk fungsi protokol secara detail dapat dijelaskan sebagai berikut ini:

-Fragmentasi dan reassembly
Fungsi dari Fragmentasi dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi dan setelah diterima maka sisi penerima akan membangun lagi menjadi paket berita yang lengkap.

-Encapsulation
Fungasi dari Encapsulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain.

-Connection control
Fungsi dari Connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.

-Flow control
Fungsi dari Flow control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.

-Error control
Fungsi dari error control adalah mendeteksi terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.

-Transmission service
Fungsi dari Transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas, keamanan dan perlindungan data.

Untuk macam-macam protokol, jaringan, lapisan OSI dan lainnya akan saya bahas pada kesempatan selanjutnya.

2 komentar:

edo mengatakan...

mantap

Ihsanul Fajri mengatakan...

wess... aku dapat ilmu baru...

ikhasands75.student.ipb.ac.id/

Posting Komentar



widgets


free counters
IP


Other Link

Beramal Dengan Koin


:wikimu - bisa-bisanya kita...

Bisnis Online


Send Me Email

Photobucket

Nama
Email
Pesan