ASus Blog

Catatan saya, artikel, tips dan trik komputer

Jangan Salah Pilih Flashdisk (Perbandingan Flashdisk Tercepat)

Dulu sewaktu pertama kali kuliah saya masih menyimpan data-data penting saya dari komputer ke dalam kepingan Disket dan CD, karena memang itulah media penyimpanan yang sedang trend saat itu. Tapi sekarang saya tak bingung lagi untuk menyimpan data dalam jumlah banyak dan besar, karena perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat maka kepingan disket dan rumitnya menyimpan data ke dalam CD telah tergantikan dengan USB flashdisk.

Flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat kita perlukan untuk menyimpan data2-data penting kita, dokumen, gambar, program, mp3, video bahkan system operasi seperti Linux bisa kita masukkan ke flashdisk. Dulu flashdisk merupakan barang langka, karena dulu flashdisk itu mahal, pada saat saya baru kuliah semester 2 teman saya baru membeli flashdisk kapasitas 512 dan harganya 500 ribu..wuuuiiiiiiiiihhh . Jadi pikir-pikir dulu klo mau beli (ada uang gak ya)..hehe

Sekarang harga flashdisk semakin menurun dikarenakan persaingan berbagai merk flashdisk yang ada sekarang ini, mulai dari MyFlash, Kingston, Sandisk, Apacer, Corsair, Transcend, Nexs, Patriot, Toshiba, dll. Perkembangan flashdisk pun semakin cepat, dimana banyak flashdisk yang terdapat aplikasi autorunnya, aplikasi portable, kapasitas sampai puluhan GigaByte dan kecepatan high speed hingga puluhan Megabyte/Second.

Dalam blog ini saya ingin memberi tips kepada pembaca dalam memilih flashdisk yang bagus, cepat dan trendi. Saya terlebih dahulu mensurvei dari majalah CHIP dan vendor-vendor yang memproduksi flashdisk ini. Untuk saat ini ditahun 2008-2009 banyak vendor yang memperkenalkan dan memproduksi flashdisk dengan kualitas lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Flashdisk yang terdapat di pasaran saat ini memiliki kelas dan kualitas yang jauh berbeda dari flashdisk sebelumnya.

Berikut ini adalah jenis-jenis flashdisk dengan hasil tes perbandingan dengan flashdisk merk lain :































Sumber perbandingan diatas saya dapat dari uji tes yang dilakukan oleh www.techpowerup.com, dimana hasil dari perbandingan real semua flashdisk yang ada. Pemegang posisi teratas di pegang oleh A Data PD7 yang merupakan flashdisk keluaran A-DATA, mungkin anda tak asing dengan nama ini, dulu A Data sangat terkenal lewat flashdisknya yang bermerk MyFlash.


A Data PD7












Kecepatan A Data memang tak diragukan lagi, karena flashdisk ini memiliki kecepatan baca 33MB/s dan kecepatan menulis 23MB/s. Dalam flashdisk ini bisa dipasang berbagai software, namun anda harus mendownload terlebih dahulu software-software tersebut melalui website A Data. Salah satu software tersebut adalah sebuah software proteksi untuk partisi Anda dengan menggunakan password agar data yang ada di dalamnya aman.

Flashdisk lain pun berusaha ingin mengungguli A Data dan akhirnya semakin banyak flashdisk yang muncul untuk bersaing, diantaranya yaitu :


Kingston DataTraveler HyperX









Ini adalah keluaran terbaru Kingston dimana memiliki design yang bagus dengan warna biru tua cerah, sangat trendi bagi yang menyukai warna biru cerah. Kingston memilik kecepatan baca sampai 30MB/s dan tulis sebesar 25Mb/s.


Sandisk Ducati













Ini merupakan flashdisk terbaru dari Sandisk, namanya yaitu Sandisk Ducati, karena terinspirasi dari juara dunia dan pembalap MotoGP Casey Stoner dengan motornya Ducati, Hasil kolaborasi SanDisk dan Ducati Corse MotoGP ini didesain layaknya tangki bensin motor sport, dengan logo 'Ducati Corse' di sisi atas serta lampu indikator yang menyala saat ditancapkan dan terdeteksi port USB komputer.

Kecepatan flashdisk cukup cepat yaitu 20 Mb/s untuk baca dan tulis. Kelebihan lain flashdisk ini yaitu memiliki software Sandisk Rescue Pro Deluxe yang dapat merecovery atau mengembalikan data-data yang hilang dalam flshdisk.


Transcend JetFlash 160











Transcend memiliki kecepatan baca sampai 30Mb/s dan kecepatan tulis sebesar 25Mb/s, Sebanding dengan Kingston Datatarveler HyperX, namun dari bentuk dan warnanya saya kira kingston lebih menarik. Transcend juga memiliki fasilitas yang cukup berguna, yaitu flash disk ini bisa menjadi sebuah kunci untuk PC Anda. Saat akan meninggalkan komputer, cabutlah UFD ini dan komputer akan terkunci. Jadi, data Anda di dalam PC pun ikut di proteksi.

Nexs iFlash M2











Nexs memiliki kecepatan baca sampai 33Mb/s, namun dalam kecepatan menulis flashdisk ini sangat jauh berbeda dengan kecepatan membacanya. Bentuk flashdisk ini juga mungil, dengan pilihan banyak warna yang menarik.


Patriot XPorter XT Boost











Patriot XPorter XT Boost merupakan flashdisk anti air satu-satunya dari perbandingan flashdisk-flashdisk di atas. Kulit pembungkus flash disk ini dibuat dari bahan karet, membuat XPorter XT tahan air dan tahan banting. Patriot juga telah mendesain agar Anda dapat menaruh tutup flash disk di bagian belakang flash disk sehingga Anda tidak akan lupa di mana menaruh tutup flash disk-nya.

Patriot XPorter XT memiliki kecepatan baca yang cukup hebat yaitu 33Mb/s
tetapi kecepatan tulisnya kurang yaitu hanya 3Mb/s. Tetapi bagi anda yang suka bertualang anda bisa mengandalkan flashdisk ini sebagai media penyimpanan anda.


Corsair Flash Voyager










Flashdisk ini merupakan flashdisk anti air, tahan banting dan mempunyai kecepatan yang cukup tinggi, sebelumnya ada Patriot XPorter XT Boost yang merupakan flashdisk anti air dan tahan banting juga, tetapi sepertinya kinerja dari flashdisk ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Patriot XPorter, kecepatan rata-rata flashdisk ini 18Mb/s untuk baca dan tulis

Sandisk U3 Cruzer













Flashdisk ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya yaitu adanya software portable bawaan dari flashdisk ini, yaitu password untuk proteksi flashdisk, AntiVirus, text editor, dan game. Kecepatan flashdisk ini juga cukup hebat yaitu 15Mb/s untuk kecepatan baca dan tulis. Dalam penjualan flashdisk ini memilik 2 warna yaitu hitam dan putih.


Patriot X Mini












Flashdisk ini juga mempunyai banyak kenggulan, keunggulannya hampir sama dengan Patriot XPorter XT Boost yaitu anti air dan tahan banting, tetapi dalam kecepatan bacanya flashdisk ini hanya mampu membaca sebesar 18 Mb/S dan kecepatan tulisnya yaitu 11 Mb/s, melebihi dari Patriot XPorter. Design flashdisk ini juga mungil dengan warna yang berariasi.

OCZ Rally 1GB












Bentuk yang sport dan warna yang hitam membuat flashdisk ini terlihat macho ditambah lampu led yang menyala di belakang flashdisk saat flashdisk dicolokkan, kecepatan baca flashdisk ini yaitu 28Mb/s dan kecepatan tulis 15Mb/s, dan kelebihan yang lain yaitu garansi lifetime yang ditawarkan flashdisk ini.

12 komentar:

dj_hetick mengatakan...

Terima kasih atas tulisannya.
Sangat menambah pengetahuan buat yg pengen cari flash disk berkualitas.

Anonim mengatakan...

sangat membantu thanks

Satria mengatakan...

good...
thanks...

Anonim mengatakan...

wah info yg sangat bagus sekali, ane jga mu bli flasdisk baru neh, terima ksih bos buat infonya.....

From Ziro to HEro mengatakan...

thanks gan atas info nya......
jd merasa terbantu ning mengatasi rasa penasaran saya......... heheheh

Blog Belajar SEO mengatakan...

mas.kl hp bagus ga mas? fd saya soalnya hp.

Software Full Crack mengatakan...

makasi untuk infonya ....

jumani fadrian alansyah mengatakan...

bnget brow

achmed guvao mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
achmed guvao mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
achmed guvao mengatakan...

gan A Data berapaan harganya?

jun katam mengatakan...

thank you so much brother

Poskan Komentar



widgets


free counters
IP


Other Link

Beramal Dengan Koin


:wikimu - bisa-bisanya kita...

Bisnis Online


Send Me Email

Photobucket

Nama
Email
Pesan