ASus Blog

Catatan saya, artikel, tips dan trik komputer

Cerita Saya Tentang Kaspersky Anti Virus

Dulu sering sekali saya gonta ganti antivirus di karenakan virus yang selalu mengganggu komputer saya, ceritanya sekitar tahun 2006 saya baru duduk di perkuliahan dan baru mengenal komputer, maklum ndeso..hehe, jadi banyak hal yang belum saya ketahui tentang virus dan antivirus.

Pernah suatu hari komputer saya terasa amat lambat, saya tak tahu apa penyebabnya yang jelas jalannya system komputer terasa lambat dan lain dari biasanya, dulu saya pikir karena banyak aplikasi yang saya jalankan, tapi tidak hanya pada saat system dan aplikasi berjalan, pada saat boot dan shut down pun juga terasa lama sekali, dan banyak program aplikasi yang lama munculnya ketika di buka, seperti explorer, winamp, windows media player, firefox, dll.

Sebenarnya itu bisa disebabkan karena kinerja komputer yang menurun akibat hardisk yang tidak pernah di defrag, aplikasi di system tray dan startup yang terlalu banyak dan aksi dari virus komputer yang menggerogoti system. Dulu saya pertama kali memakai Norton Antivirus 2006, tapi dikarenakan berat dan scan yang lama akhirnya saya beralih ke AVG 7.5, dengan AVG pun komputer saya masih bisa di jebol oleh virus, ada file yang terinfeksi virus tapi oleh avg tak terdeteksi adanya virus, padahal saya telah update avg nya. Lalu saya gunakan avast sebagai pengganti avg, tapi sama seperti avg, banyak virus yang terus menyerang komputer saya, kemudian saya beralih ke PC Cilin antivirus, PC Media, Norman, McAffe, Bullguard,Avira, dan akhirnya saya menetapkan kaspersky sebagai antivirus andalan saya.

Mungkin saya tak tahu keunggulan anti virus yang saya gunakan sebelumnya, tapi kesimpulan saya dari semua antivirus yang saya gunakan yaitu bahwa tidak ada perlindungan yang sempurna dari antivirus, karena perkembangan virus selangkah lebih maju daripada antivirus. Sehingga semua antivirus pasti bisa di jebol oleh virus. Tetapi saya pernah menemukan masalah yang serius pada komputer saya sehingga kenapa saya mengganti antivirus saya dengan kaspersky.

Begini ceritanya..hehe, Sehabis mengantar pacar saya dari kampus pada bulan april 2008, saya menunggu dia di warnet, kemudian saya mendownload aplikasi pengunci folder dari situs yang memang bukan situs resmi, waktu itu saya tak tahu apa-apa dan tak mengira kalo file itu virus karena file itu tidak terdeteksi dengan antivirus di warnet itu, padahal antivirus di warnet itu bagus dan pemiliknya selalu mengupdate antivirus itu. Tanpa curiga akhirnya setelah sampai di rumah malamnya saya langsung menginstal aplikasi tersebut ke PC saya, penginstalan berjalan lancar sama seperti menginstal aplikasi pada umumnya, setelah menginstal ada konfirmasi untuk restart komputer, kemudian langsung saya yes.

Setelah ada tampilan log off saya terkejut karena background komputer saya berubah menjadi gambar malaikat dengan nama maxtrox, lalu setelah log in windows tiba-tiba antivirus saya di startup tidak jalan, saya curiga dan coba membuka antivirus tersebut melalui start menu, tapi antivirus nya tak muncul-muncul, saya coba lagi melalui program file untuk membukanya, namun ketika saya membuka folder antivirus saya file antivirus.exe nya berubah ukurannya menjadi ukuran kb padahal sebelumnya mb.

Tak hanya aplikasi antivirus aplikasi lainnya seperti photoshop, transtool, linguist, tuneup, dan game yang sudah terinstal berubah ukuran file exe nya dan tak bisa di gunakan. Rupanya virus maxtrox telah menyerang file-file exe atau aplikasi yang sudah terinstal dalam PC saya.

Dalam kebingungan saya mencoba menghilangkan virus tersebut, tapi antivirus yang saya dapat untuk menghilangkan virus tersebut di blok oleh virus tersebut sehingga saya tak bisa menginstal antivirus tersebut, dan akhirnya saya install ulang komputer saya hari itu juga dan saya pasang antivirus kaspersky yang di beri teman saya, Kemudian saya langsung ke warnet untuk mencari update antivirus tersebut dan mencari info tentang virus tersebut, ternyata tidak ada info tentang virus tersebut, lalu saya hanya mendownload updatean kaspersky saja.

Setelah sampai rumah saya langsung update kaspersky nya, dan coba saya scan file virus yang saya dapat dari warnet tadi siang, dan akhirnya file tersebut terdeteksi sebagai virus oleh kaspersky, hanya saja nama virusnya belum diketahui. Padahal kaspersky saya menggunakan file updatean kaspersky 2 hari yang lalu dari lab kaspersky nya. Setelah kejadian itu saya mempercayakan perlindungan komputer saya kepada kaspersky sampai sekarang.

Waktu semakin berlalu dan perkembangan antivirus semakin maju karena pada akhirnya virus maxtrox bisa di taklukkan oleh antivirus manapun, tapi hal itu terjadi sesudah 6 bulan pada saat saya terkena virus tersebut. Jadi menurut saya kaspersky itu selalu memberikan perlindungan komputer saya, karena update dari lab kaspersky di lakukan setiap hari dan dia menglist semua virus dalam viruslist.com, sehingga kita bisa tahu apakah virus yang kita temukan sudah terdaftar dalam viruslist.com kaspersky.

Tapi menurut yang saya tahu kaspersky selalu mengupdate list virus dengan cepat, saingan kaspersky sampai saat ini yaitu avira premium, bit defender, dan nod32 yang ada di posisi 5 besar dalam situs AV-test.org. Sampai tulisan ini saya buat kaspersky masih dalam urutan 3 besar dimana keunggulan dan security makin berkembang dan siap bersaing dengan antivirus lainnya.
Tapi maaf yang saya pakai bukan kaspersky asli..hehehe, tapi setelah saya punya uang yang cukup saya akan beli yang asli kok ^_^

5 komentar:

Anonim mengatakan...

kaspersky dengan symantec bagusan mana?

ASus Blog mengatakan...

Sebenarnya tidak ada antivirus bagus n tidak bagus, yang penting asal anda selalu mengupdate antivirus anda maka perlindungan OS anda akan terhindar dari bahaya virus.

Semua antivirus menawarkan kelebihan masing2, kalau dari segi kelebihanya kaspersky menawarkan "shield proactive" dimana memberikan perlindungan yang lebih terhadap OS dari serangan virus dan "reaction times" yang cepat dalam menscan virus.

Terima kasih

Anonim mengatakan...

avira sama avg gak membaca file yang terifeksi firus,,,kaspersky mampu mendetek sampai 400 file terinfeksi sedikit info

finto mengatakan...

kesparsky memang oke.,,.,. tapi ada beberapa firus yg tak mampu dia musnahkan.,,.

lebih baek kita menggunaka 3 anti virus

1 utk lokal 2 buah untuk mancanegara

utk lokal cukup pakai PC media lebih baek dari pada artav atoupun smadav yg selalau bikin autorun

untuk manca nergara saya memakai MSC (microsof securyity esential dan AVIRA update

Unknown mengatakan...

Saya menggunakan anti virus Kaspersky berbayar. Kenapa login komputernya jadi lambat ya?

Posting Komentar



widgets


free counters
IP


Other Link

Beramal Dengan Koin


:wikimu - bisa-bisanya kita...

Bisnis Online


Send Me Email

Photobucket

Nama
Email
Pesan